Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan di lantai 4 gedung Setda Rembang, Kamis (23/6). Bimtek yang bertajuk gerakan menuju kota cerdas (smart city) itu berlangsung selama 2 hari mulai 23 dan 24 Juni.

Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro’ dalam kesempatan itu menyampaikan digelarnya bimtek merupakan wujud komitmen Pemkab Rembang menciptakan smart city. Apalagi Rembang termasuk salah satu dari 50 kabupaten/kota yang mendapat pendampingan smart city dari Kementerian.

Lebih lanjut laki-laki yang akrab disapa Gus Hanies atau Gus Wabup itu mengatakan era smart city memang wajib harus dihadapi. Seiring dengan perkembangan teknologi di era digital, masa di mana semua serba mudah dan tidak ada batasannya.

“Smart city ini sebuah keniscayaan yang harus kita hadapi. Kita sudah tidak lagi hidup di jaman penjajahan, ini jamannya sudah banyak berubah. Saya yang muda saja kepontal, apalagi jenengan (orang tua). Jadi segala sesuatu itu berubah dengan cepat, kalau kita tidak beradaptasi, kita tidak bisa mengikuti arus, kita akan selalu ketinggalan,” ujarnya.

Dirinya mengungkapkan tujuan dari diwujudkannya smart city tidak lain adalah untuk kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan di daerah. Dengan begitu program kerja yang telah disepakati bersama dapat terwujud lebih cepat melalui program smart city.

Sehingga, kata Gus Wabup, smart city memang harus dimulai dari pemerintahnya yang kemudian menjalar ke masyarakat. Maka dari itu pihaknya meminta pegawai pemerintahan harus paham terlebih dahulu terkait smart city.

“Kita memilih cara yang mana yang paling cepat, yang lagi tren itu sekarang naik pesawat cari jalan yang lebih cepat. Bagaimana kita lebih cepat mewujudkan visi misi, mewujudkan program kerja yang telah kita sepakati Bersama,” pungkasnya.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…