Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Rembang Kembali menggelar pelatihan Micro Business Game (MBG). Kali ini ada 15 pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan yang digelar di aula Dindagkop UKM Rembang.

Kepala Dindagkop UKM Rembang, Mahfudz menyampaikan pelatihan tersebut memang dilakukan secara bergilir. Karena diakuinya jumlah pelaku UMKM di Rembang cukup banyak, hampir mencapai 100 ribu orang pelaku UMKM.

“Semuanya kita optimalkan, kita identifikasi karena UMKM kita banyak yang memerlukan bantuan-bantuan pendampingan. Sehingga nanti bergantian kita upayakan mereka bisa meningkatkan managemen pengelolaan diusahanya,” kata dia.

Lebih lanjut ia menerangkan, MBG merupakan pelatihan yang sangat interaktif untuk pengusaha mikro dan untuk semua orang yang ingin belajar. Khususnya dalam mempraktikan bagaimana keberhasilan dan keberlanjutan usaha kecil dapat ditingkatkan.

Pelatihan MBG ini, kata dia, ditujukan untuk meningkatkan keterampilan bisnis dasar dan pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan bisnis. Lalu memahami pengertian berpikir dan bertindak dalam wirausaha.

“Pelaku UMKM dilatih bagaimana mengelola administrasi. Agar mereka tertib dalam mencatat transaksi dan pengelolaan keuangan. Sehingga nanti bisa lebih efektif untuk menutup celah-celah yang mungkin istilahnya tidak ekonomis bisa ditekan lagi atau safe kontrol antara stok dan permintaan barang,” terangnya.

Mahfudz menambahkan, pelatihan yang menggandeng Bank Jateng itu memang diselenggarakan secara berkelanjutan. Peserta juga diberikan tabungan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dan dibuatkan akun qris pembayaran digital. (Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…