Pemkab Rembang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang menggelar pameran Tosan Aji di pendopo museum RA Kartini pada 19 sampai 20 Agustus 2022. Pembukaan pameran yang memamerkan benda pusaka keris itu telah dibuka pada Jum’at 19 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB.

Sub koordinator Museum, Sejarah dan Cagar budaya Dinbudpar Rembang, Retna Dyah, Jumat (19/8) menyampaikan pameran Tosan Aji merupakan pameran yang memamerkan benda-benda pusaka utamanya keris. Dengan tujuan untuk meningkatkan akses data dan informasi sejarah peninggalan budaya bagi masyarakat.

“karena pusaka atau keris ini sendiri sudah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO asli Indonesia,” kata dia.

Namun pada acara pameran tersebut, kata dia, tidak hanya mempertontonkan keris sebagai warisan budaya tapi juga membedah keris dari sisi ilmu pengetahuan. Seperti dari filosofi pembuatan keris hingga motif yang ada pada keris.

“Jadi filosofi pembuatan keris, motif hias pada keris sendiri itu kan mengandung beberapa pesan moral yang ditinggalkan nenek moyang kita agar generasi muda itu tahu. Betapa rumitnya pembuatan keris dan petuah itu ada di dalam sebuah keris. Tidak hanya dari segi magisnya tapi lebih ke ilmu pengetahuan,” terangnya.

Disebutkannya ada 500an lebih pusaka keris dari berbagai daerah yang dipamerkan. Even ini menarik karena tak perlu pergi ke berbagai tempat untuk melihat pusaka keris yang berasal dari banyak tempat.

“Ada 10 peserta. Ada yang dari lokal seperti Fokmas Lasem, kalau dari daerah lain itu Jogja, Solo. Karena daerah itu kan memang penggemar keris. Jawa timur ada juga,” bebernya.

Berdasarkan pantauan Radio CBFM, masyarakat sudah mulai mengunjungi pameran ini mulai pukul 10.00 WIB tepat pada saat pembukaan. Pengunjung tidak ditarik biaya alias gratis.

Selama dua hari pelaksanaan pameran Tosan Aji akan dibuka pukul 10.00 WIB sampai 23.00 WIB. Pada Jumat malam nanti akan ada opening show, kirab pusaka dan karawitan. Sedangkan Sabtu malam sejumlah acara seperti workshop jamasan keris dan sarasehan.
Untuk prosesi penjamasan keris dilakukan oleh Empu Daliman Puspo Budoyo, Dosen Prodi Keris dan Senjata Tradisi dari ISI Solo. Bagi yang ingin melihat langsung, bisa datang pada Sabtu malam (20/8) pukul 19.00 WIB.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…