Berkerjasama dengan Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Rembang bakal membuka pos pengaduan HAM. Pembukaan posko pengaduan tersebut mulai disosialisasikan di gedung NU Rembang, Rabu (21/6).

Ketua PC. GP. Ansor Kabupaten Rembang, Nadhief Shidqi menyampaikan sejauh ini kasus pelanggaran HAM di Kabupaten Rembang tergolong sangat minim. Namun, minimnya kasus tersebut bisa saja disebabkan tidak ada yang melapor ketika terjadi pelanggaran HAM.

“Yang sebenarnya minim itu kejadiannya atau pelaporannya. Jangan sampai kita pemuda Ansor dan Muhammadiyah dapurnya kecolongan,” terangnya.

Oleh sebab itu pihaknya sangat mengapresiasi langkah Komnas HAM dengan menggandeng Ansor untuk mendirikan posko aduan pelanggaran HAM. Melalui posko tersebut dirinya berharap bisa menjadi bukti nyata kecilnya laporan kasus pelanggaran HAM di Rembang.

Sementara itu, Perwakilan Komnas HAM, Bayu Pamungkas menyebutkan berdasarkan data Komnas HAM beberapa tahun belakangan ini angka kasus pelanggaran HAM di Kabupaten Rembang memang paling sedikit. Termasuk untuk wilayah Kabupaten Blora.

Menurutnya, dibukanya posko aduan pelanggaran HAM dapat menjadi pintu awal untuk pembuktian minimnya kasus pelanggaran HAM. Selain itu juga menjadi langkah awal PC. GP. Ansor Rembang untuk berkoordinasi dengan Komnas HAM.

“Ini sebenarnya tidak hanya nengok, oh iya paling sedikit, tapi paling tidak ini sebagai pintu awal kita untuk melakukan koordinasi selanjutnya dalam bentuk kewenangan Komnas HAM,” terangnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat yang merasa menjadi korban pelanggaran HAM bisa segera melaporkan ke posko aduan. Jangan sampai berlarut-larut hingga menimbulkan masalah yang lebih kompleks.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…