Suasana meriah serta lautan manusia menghiasi Taman Rekreasi Pantai Kartini, Rembang pada Rabu (27/04) malam. Kemeriahan itu nampaknya dikarenakan warga Rembang tengah menyaksikan festival tahunan tong tong klek yang selalu digelar dipenghujung ramadan.

Meski digelar dengan sangat meriah, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang memastikan pesta digelar dengan protokol kesehatan yang ketat

Sebelum memasuki lokasi panggung acara, pengunjung wajib mengenakan masker serta diminta untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi minimal dosis kedua atau mengakses aplikasi peduli lindungi.

Dalam sambutannya, Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara kesenian tersebut. Terutama kepada panitia yang dapat memastikan keamanan acara yang dihadiri ribuan penonton.

Lebih lanjut Bupati Hafidz menerangkan pagelaran tong tong klek merupakan pembuktian seni budaya bisa digelar dengan aman usai dilonggarkannya aturan PPKM. Disisi lain hal itu juga dilakukan untuk memantik pertumbuhan ekonomi yang sempat redup usai pandemi covid-19.

“Malam ini kita memberikan kelonggaran kepada masyarakat utamanya dalam hal seni budaya. Ini kita buka dalam rangka bagaimana kita bisa menjaga diri dari covid-19, disisi lain pertumbuhan ekonomi bisa jalan. Sehingga ini komprominya adalah aktifitas kita beri kelonggaran sedikit tetapi prokes harus tetap dijaga,” terangnya.

Bupati pun turut mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan antar penonton. Jangan sampai ada perkelahian lagi seperti saat kegiatan masyarakat untuk membangunan sahur keliling yang berujung adu jotos beberapa hari yang lalu.

“Setuju aman nggih, ojo podo tukaran. Wingi tong tong klek tengah wengi geger e ra karuan akhire tukaran. Ampun nggih, ini kita sesama anak bangsa saling pengertian untuk memperkuat rasa kesatuan dan persatuan,” bebernya.

Pada malam pertama, tampil 9 kelompok tong tong klek dengan estimasi waktu 5 menit untuk persiapan dan 10 menit untuk menampilkan 2 buah lagu. Pada malam selanjutnya pada tanggal 28 April ada 6 kelompok yang akan tampil sekaligus pengumuman pemenang festival tong tong klek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Solois Rembang, Bare Lepas Single Kedua “Out of You”

Penyanyi solo (solois) asal Rembang, Bare melepas single kedua “Out of You”,…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…