Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang telah menetapkan pelaksanaan festival tong tong klek berlangsung selama dua hari mulai tanggal 27-28 April mendatang. Jumlah penampil setiap harinya juga telah ditetapkan.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang Sulistyowati menyampaikan berdasarkan hasil rapat teknis, pada tanggal 27 April akan ada 9 peserta tong tong klek yang tampil. Sementara untuk tanggal 28 April ada 6 peserta yang tampil.

Total ada 15 grup tong tong klek yang akan tampil dalam festival tong tong klek tahun ini semenjak pendaftaran di tutup pada tanggal 18 April kemarin. Kelima belas grup tersebut maksimal berisi 20 personil serta ada lagu wajib dan pilihan yang harus dibawakan sesuai ketentuan panitia.

Setelah kita mengadakan rapat teknis dengan para peserta dan dipimpin langsung oleh Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata menghasilkan satu kesepakatan bahwasannya festival tetap di taman kartini Rembang. Dibuat dua malam pada tanggal 27 sama 28 April,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, pembagian jumlah grup yang tampil tak lain adalah untuk mengantisipasi membludaknya para penonton datang langsung ke Taman Rekreasi Pantai (TRP) Kartini.

Seluruh peserta tong tong klek, kata dia, juga telah menerima nomor undian untuk pentas diatas panggung saat rapat teknis tersebut. Sementara untuk teknis pelaksanaannya diatas panggung telah disampaikan dan disepakati seluruhnya peserta.

Jadi alurnya nanti kita betul-betul membagi, jadi penampil undian pertama itu naik panggung dan yang undian ke dua di bawah. Jadi yang nomor undian 2 sudah siap, yang undian nomor satu tadi masuk dari timur keluarnya ke barat,” terangnya.

Dirinya menambahkan, festival tong tong klek akan dimulai pada pukul 20.00 – 22.00 Wib atau hanya berlangsung selama 2 jam. Sementara kapasitas penonton dibatasi sebanyak 1.500 orang dari total kapasitas TRP Kartini yang dapat menampung 3.000 orang. (Rendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Solois Rembang, Bare Lepas Single Kedua “Out of You”

Penyanyi solo (solois) asal Rembang, Bare melepas single kedua “Out of You”,…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…