Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rembang akan menggelar road show “Kelas Jurnalistik” ke SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Rembang. Edisi perdana “Kelas Jurnalistik” dijadwalkan berlangsung di SMP Negeri 3 Pamotan hari Rabu 26 Januari 2022 mendatang.

Ketua PWI Kabupaten Rembang, Musyafa Musa mengatakan digelarnya Kelas Jurnalistik untuk menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 09 Februari itu, pihaknya selalu memprioritaskan sekolah-sekolah di daerah pinggiran, tiap kali ada kegiatan PWI, karena ingin memberikan pemerataan ilmu dan berbagi pengetahuan.

Wartawan Radio Rembang Bangkit tersebut menerangkan kegiatan roadshow jurnalistik ini merupakan kali pertama, setelah sempat vakum akibat pandemi dua tahun terakhir. Karena organisasi pers di Rembang tersebut pernah menyasar SD Negeri Ngroto Kecamatan Pancur di puncak gunung dan SD Negeri Ngajaran Kecamatan Sale di perbatasan dekat hutan Jawa Timur.

Pria berusia 40 tahun itu menuturkan Kelas Jurnalistik akan mengunjungi satu sekolah di setiap kecamatan, sehingga total akan ada 14 sekolah. Tidak hanya menularkan ilmu jurnalistik, tetapi salah satu misinya adalah ikut mempromosikan sekolah yang menjadi sasaran Kelas Jurnalistik, dengan menggali prestasi siswa yang menonjol di situ dan inovasi yang dilakukan oleh pihak sekolah melalui pemberitaan untuk menginspirasi banyak orang.

Terkait materi Kelas Jurnalistik menurut Musyafa Musa akan fokus pada dua hal, yakni Teknik Cepat Menulis Berita, serta Membuat Video dan Bermedsos Ala Jurnalistik.

Pria yang juga menjadi wartawan I-News TV itu menerangkan untuk program perdana nantinya akan dibawakan Ilyas Al Musthofa wartawan Suara Merdeka dan Arif Syaefudin wartawan detik.com. Sedangkan untuk sekolah berikutnya, pemateri diisi oleh wartawan-wartawan lain dari berbagai media cetak, elektronik maupun media online.(Masudi/Rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…