Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya duku woro. Dibalik nikmatnya duku woro ternyata menyimpan tradisi unik yang belum diketahui oleh banyak orang.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Woro, Supriyadi menyampaikan dalam proses pemetikan atau panen buah duku, terdapat tradisi Drupoh. Dimana masyarakat setempat boleh mengambil buah duku yang jatuh ke tanah sebanyak-banyaknya tanpa perlu khawatir dimarahi pemilik pohon.

Supriyadi menjelaskan, tradisi drupoh memang tidak memiliki aturan secara tertulis. Namun tradisi tersebut merupakan tradisi sejak dahulu kala, sehingga tidak akan ada yang berani menegur karena itu merupakan aturan turun temurun.

“Waktu ada pemetikan duku atau panen duku itu duku yang jatuh sudah jadi haknya orang drupoh. Itu aturan tidak tertulis tapi si pemilik duku pun tidak berani menegur. Karena itu sudah aturan dari dulu,” kata dia.

Lebih lanjut dia menerangkan, ketika musim duku tiba, anak-anak warga Desa Woro memanfaatkan momen tersebut untuk menambah uang saku mereka dengan menjual buah duku yang didapat. Terkadang pemilik pohon juga memberi buah duku secara Cuma-Cuma ketika anak-anak hanya mendapat sedikit buah duku yang jatuh.

kalau ada musim duku, kalau untuk warga woro sendiri itu merupakan sebuah momen yang ditunggu-tunggu. Misal kalau anak-anak kalau liburan itu sering kalau ada orang petik duku itu pasti kesana. Nanti juga bisa menambah uang saku mereka untuk dijual kembali, atau dikonsumsi sendiri,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, tradisi Drupoh sampai saat ini masih digunakan apalagi saat datangnya masa panen buah duku. Menurutnya, drupoh merupakan kearifan lokal yang jarang ditemui dan harus terus dijaga. (rendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Solois Rembang, Bare Lepas Single Kedua “Out of You”

Penyanyi solo (solois) asal Rembang, Bare melepas single kedua “Out of You”,…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…