Dinas pertanian dan ketahanan pangan (Dintanpan) Rembang berupaya mewujudkan Kabupaten Rembang sebagai penghasil daging sapi. Hal itu didasari oleh kemampuan Kabupaten Rembang sebagai penghasil sapi pedet tertinggi se-Jawa Tengah.

Kepala Dintanpan Rembang, Agus Iwan mengungkapkan selama ini Kabupaten Rembang memang sebagai penghasil sapi pedet tertinggi se-Jawa Tengah. Meski demikian, jika dilihat dari sisi ekonomis, capaian tersebut justru kurang menguntungkan bagi Rembang.

Sebab, lanjut dia, sapi pedet berumur 4 bulan dari para peternak sapi di Kabupaten Rembang dijual dan dibesarkan di luar daerah. Ketika udah besar, sapi tersebut kemudian disembelih dan sebagian dagingnya dijual kembali ke Kabupaten Rembang.

“Karena fakta saat ini, kita menghasilkan pedet umur 4 bulan dijual dan digemukan di luar daerah. Kemudian sebagian dagingnya kembali ke kita

Oleh karena hal itu, para kelompok peternak sapi mengusulkan kepada dinas terkait untuk mengupayakan diwujudkannya Rembang sebagai penghasil daging sapi. Dan pihaknya mendukung penuh atas usulan tersebut karena dirasa lebih menguntungkan bagi Rembang.

Pihaknya pun terbuka bagi siapa pun yang berkeinginan untuk memulai produksi daging baik domba maupun sapi. Dintanpan juga siap mendampingi mulai dari proses penggemukan hingga proses penjagalan.

“Kita siap mendampingi kegiatan-kegiatan terkait dengan jagal atau produksi daging dari sapi maupun daing domba agar perputaran ekonomi semakin menggeliat dan kita tidak berhenti sampai penghasil pedet tetapi sampai mampu untuk penghasil daging. Jadi bisa kelompok, bisa koperasi ataupun individu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…