Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang, Hari Senin (13/6), canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan yang dicanangkan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz itu disaksikan Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’, dan inspektur, Mustain.

Bupati mengatakan pencanangan zona integritas WBK WBBM dipicu adanya reformasi birokrasi.

“Ini gerakan yang dipicu dari reformasi birokrasi salah satunya adalah bagaimana masing-masing daerah bisa mewujudkan WBK WBBM,” Imbuhnya.

Bupati menjelaskan wujud dari WBK WBBM khususnya di Dinkes yaitu tidak akan menerima apapun dari pelayanan. Kecuali ditentukan oleh aturan yang ada.

Bupati mengharapkan di tahun 2023 WBK WBBM sudah tuntas dan tinggal mengevaluasi pelaksanaannya di lapangan. Agar program ini tidak hanya berupa slogan saja dan terus berkelanjutan sampai kapanpun. Sehingga menjadi bukti nyata keseriusan dan komitmen bersama yang harus terus diterapkan dalam pelayanan guna mewujudkan tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik (Good Government), sehingga dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pasalnya, pencanangan WBK dan WBBM telah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Soetrasno, Kecamatan Kaliori, Sulang, Rembang kota.

Kepala Dinkes Kabupaten Rembang, Ali Syofi’i menerangkan salah satu implementasi pelayanan yang menjadi WBK WBBM yaitu pelayanan yang betul sungguh-sungguh kepada masyarakat, tidak akan menerima pungutan apapun dari masyarakat yaitu pendaftaran calon peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

“Sebagai contoh ada pelayanan untuk pendaftaran calon BPJS didaftarkan dari Pemkab. Rekomendasi dari Dinas Sosial dan PPKB, dilanjutkan ke Dinkes didaftarkan ke BPJS Kesehatan,” Ujarnya.

Selain itu, pelayanan yang dilakukan Dinkes menurut Ali Syofii yaitu pelayanan perijinan tenaga kesehatan, rumah sakit, klinik, apotek bersifat mengeluarkan rekomendasi perijinan penanaman modal.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…