Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang menggelar kegiatan peningkatan kapasitas bagi para pemuda, mulai Kamis (28/7). Dalam hal ini ada dua jenis pelatihan, yaitu memotong rambut dan pembuatan pupuk organik.

Kabid Pemuda dan Olahraga, Hariyanto menjelaskan tahun ini pihaknya menyelenggarakan peningkatan kapasitas pemuda dengan enam klaster, yaitu Barber Shop, pupuk organik cair, pertukangan, kuliner kue, sablon dan kuliner makanan. Untuk bulan ini kluster barber shop dan pembuatan pupuk organik cair terlebih dulu.

Untuk pelatihan memotong rambut digelar di salah satu ruangan yang ada di komplek Rumah Dinas Wakil Bupati, sedangkan pembuatan pupuk organik cair di Desa Karangharjo Kecamatan Sulang. Masing-masing kluster itu diikuti oleh 20 peserta.

Hariyanto mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan skill kepada para pemuda. Harapannya tentu agar mereka sebagai generasi muda bisa mandiri.

“Diharapkan dengan pelatihan ini ada kemandirian pemuda, nuwun sewu mereka yang belum bekerja. Harapanya mereka bisa membuka usaha sendiri, membuka salon (barber shop ) termasuk yang pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi dibutuhkan oleh petani,” ujarnya.

Mereka yang mengikuti pelatihan ini tidak ditarik biaya alias gratis. Klaster barber shop diselenggarakan selama dua hari, sedangkan pembuatan pupuk organik satu hari.

Tak hanya pelatihan satu dua hari ini saja, peserta nantinya juga akan ada bantuan peralatan. Sehingga membantu mereka untuk menindaklanjuti pelatihan yang diberikan.

“Setelah pelatihan masing-masing itu mendapatkan peralatannya. Ini masih dalam proses, nanti setelah selesai pelatihan semua, akan ada penyerahan simbolis peralatannya, gratis, ” pungkasnya.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…