Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang melaksanakan pemilihan Duta Museum 2022. Proses pemilihan akan dimulai pada tanggal 10 Maret 2022 nanti. Pengumuman pemenang akan berlangsung pada tanggal 28 Maret 2022 malam bertempat di pendapa Museum RA Kartini Rembang.

Kepala Dinbudpar melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinbudpar Kabupaten Rembang Sulistyowati mengatakan, pemilihan Duta Museum merupakan salah satu program unggulan Museum RA Kartini Rembang untuk mengoptimalkan fungsi museum sebagai destinasi wisata dan udukasi dengan melibatkan anak-anak muda selama pandemi Covid-19.

“Dilakukan dalam rangka pengoptimalan fungsi museum, sebagai sarana wisata, edukasi dan sumber inspirasi, disamping itu kegiatan ini merupakan sumber gagasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rembang dalam peningkatan pelayanan akses masyarakat melalui pelibatan publik khususnya generasi muda,” katanya.

Salah satu tugas pokok duta, kata Sulis, ialah dapat mendatangkan pengunjung dan mengenalkan museum kepada masyarakat

Di Rembang sendiri Duta Museum sudah terbentuk sejak tahun 2019. Setiap tahunnya akan lahir duta-duta yang baru.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang akan mengadakan pemilihan Duta Museum yang merupakan program publik Museum RA Kartini Rembang, disamping program publik yang lain seperti Museum Goes To School. Kemudian Museum Keliling, dan kegiatan pameran museum,” bebernya.

Calon peserta harus mengirimkan naskah essay dengan tema “Pengelolaan Museum Dalam Menghadapi Pandemi” yang disertai dengan video penjelasan karya tulismulai tanggal 10 – 20 Maret. Bagi pemenang akan mendapatkan gelar sebagai Duta Museum 2022 dan hadiah jutaan rupiah. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…