Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang memastikan festival tong tong klek di gelar pada ramadan ini. Namun dalam pelaksanaannya tidak sama seperti tong tong klek pada tahun sebelumnya.

Kepala Dinbudpar Kabupaten Rembang, Muttaqin menyampaikan festival tong tong klek tahun ini akan digelar pada tanggal 27 dan 28 April mendatang. Dalam pelaksanaan festival tong tong klek kali  ini akan dilakukan secara terspusat di atas panggung.

Sehingga, lanjut dia, tidak digelar secara keliling atau pawai seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan karena Kabupaten Rembang masih dalam status PPKM level 2 yang memaksa festival tahunan itu digelar secara terpusat dan terbatas.

Dalam rangka menerima aspirasi dari masyarakat dan sekaligus kita harus mengingat kondisi kita berada di PPKM level 2, maka kegiatan tong tong klek pada tahun 2022 ini nanti kita laksanakan secara terbatas dan belum boleh dilaksanakan secara keliling,” terangnya.

Dirinya menyebutkan, Tempat Rekreasi Pantai (TRP) Kartini dipilih untuk menjadi lokasi panggung peserta tong tong klek untuk berpentas nantinya. Sedangkan untuk grup peserta yang ingin ikut dalam festival tahunan itu dibatasi 20 grup tong tong klek dengan masing-masing 20 personil.

“Pendaftaran kita buka mulai tanggal 11 April sampai 18 April. Namun tidak los-losan, artinya jika pendaftar sudah memenuhi kuota 20 grup maka pada tanggal berapa pun itu pendaftaran akan kami tutup,” jelasnya.

Muttaqin menambahkan, dalam festival tersebut masing-masing grup tong tong klek harus membawakan lagu wajib dan lagu pilihan yang telah ditentukan oleh panitia. Namun untuk pelaksanaan secara teknisnya, Dinbudpar masih harus melakukan rapat koordinasi. (Rendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Solois Rembang, Bare Lepas Single Kedua “Out of You”

Penyanyi solo (solois) asal Rembang, Bare melepas single kedua “Out of You”,…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…