Siswa SMPN 1 Sulang yang tergabung dalam tim karya ilmiah remaja (KIR) sekolah berhasil menciptakan karya inovatif berbahan bunga telang. Tingginya antioksidan pada bunga telang diklaim mampu untuk untuk mencegah dan mengobati kanker.

Saat ini, sirup Bunga Telang sudah masuk tahap uji coba di kalangan internal. Produk karya siswa dan guru pembimbing KIR tersebut sudah diproduksi terbatas dan sempat dipamerkan saat kunjungan Bupati Rembang, Abdul Hafidz, belum lama ini.

Pembina KIR SMPN 1 Sulang, Siti Wahidatun menyampaikan, ide membuat sirup Bunga Telang berawal dari banyaknya tanaman tersebut yang tumbuh di area apotek hidup belakang sekolah.

Akhirnya tim KIR berdiskusi dan mencari referensi dari Bunga Telang. Dari identifikasi yang dilakukan, didapat pengetahuan bahwa Bunga Telang memiliki kandungan ankosidan yang sangat tinggi.

Kandungan dalam Bunga Telang dapat menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Atas identifikasi tersebut, akhirnya tim KIR melakukan produksi terbatas membuat sirup Bunga telang.

“Inovasi ini kami lakukan berawal dari banyaknya Bunga Telang yang tumbuh di kawasan apotek hidup milik sekolah. Akhirnya bunga-bunga tersebut kami kumpulkan dan diproses menjadi sebuah sirup dengan kandungan antioksidan tinggi,” jelas Siti.

Menurut Siti, untuk membuat sirup Bunga Telang sangat mudah dan sederhana. Langkah pertama cukup mengambil Bunga Telang segar secukupnya dari tanaman.

Selanjutnya rebus air mendidih dengan volume secukupnya. Setelah mendidih air dicampur dengan gula pasir secukupnya.

Setelah air mendidih tercampur dengan gula, selanjutnya Bunga Telang dimasukkan ke dalamnya. Bunga Telang yang digunakan secukupnya menyesuaikan volume rebusan air.

“Campuran air, gula dan Bunga Telang direbur selama 10 menit lamanya. Untuk menambah aroma, ditambahkan daun pandan secukupnya. Setelah 10 menit, rebusan tersebut didinginkan,” papar Siti.

Ia mengatakan, setelah dingin rebusan air bercampur dengan gula, Bunga Telang dan daun pandan selanjutnya disaring dan dimasukkan ke dalam botol atau wadah yang aman.

Setelah itu, sirup Bunga Telang bisa langsung dikonsumsi selayaknya sirup lainnya dicampur air dan bisa diminum menggunakan es batu. Sirup itu tergolong cukup menyehatkan karena dalam proses pembuatannya sama sekali tanpa adanya campuran bahan kimia. (Rendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…