Cegah Banjir, TNI/Polri Bersihkan Sampah di Pasar Induk

REMBANG – Tumpukan sampah di lingkungan pasar kota Rembang menjadi sasaran ratusan aparat gabungan TNI/Polri, Jumat (8/12). Mereka membersihkan sampah yang ada di sepanjang jalan hingga selokan.

Komandan Kodim 0720/Rembang, Letkol inf Yudhi Yahya menyampaikan kegiatan bersih sampah tersebut merupakan upaya untuk mengantisipasi potensi terjadinya banjir. Mengingat wilayah Kabupaten Rembang telah memasuki periode awal musim penghujan.

Dilaksanakannya kegiatan Karya Bakti Pembersihan Pasar dan selokan itu sekaligus dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-78. Tidak hanya di Kecamatan Kota, kegiatan tersebut juga dilaksanakan serentak di 14 koramil di Kabupaten Rembang.

“Hal ini berkaitan dengan sudah datangnya musim penghujan di beberapa Kabupaten ada banjir dan sebagainya. Kita melakukan tindakan pencegahan, semoga dengan beberapa kegiatan ini tidak ada banjir dan wilayah Rembang bersih,” jelasnya.

Yudhi mengungkapkan, dipilihnya lingkungan pasar sebagai sasaran karena dinilai sering didapati tumpukan sampah. Utamanya tumpukan sampah di selokan yang dapat berpotensi menyumbat saluran air dan mengakibatkan banjir.

“Pasar ini biasanya banyak sampah dan banyak saluran-saluran (air) tersumbat. Dengan seluruh komponen dari TNI/Polri, kita menyadarkan masyarakat sekitar pasar semoga pasar ini sebagai tempat vital di kota Rembang bisa tetap terjaga kebersihannya,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Rembang (P3R), Sutono sangat berterimakasih atas kepedulian dari TNI/Polri yang sangat bermanfaat bagi para pedagang. Ia berharap ke depan jika ada kegiatan serupa bisa menyasar bagian dalam pasar.

“Mudah-mudahan nanti kegiatan ini ada keberlanjutan, kami juga menyarankan jika ke depan masih ada, mohon untuk bisa ke sasaran yang di dalam. Karena yang di dalam kalau hujan deras got (saluran air) tidak bisa mengalir dan akhirnya menjadi banjir,” ungkapnya.

Selain bersih-bersih sampah, Kodim 0720 Rembang juga melaksanakan penghijauan dengan penanaman bibit pohon. Dengan sasaran di kanan dan kiri ruas jalan dari desa Banyuurip sampai dengan desa Sambong Payak, Kecamatan Gunem.(Rendy/Msd/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *