Empat desa di Kabupaten Rembang akan menyelenggarakan Pilkades Pergantian Antar Waktu pada Rabu pagi (23/03) besok pagi. Empat desa tersebut ialah Desa Turusgede Rembang, Trembes Gunem, serta Tawangrejo dan Bajing Meduro Sarang.

Di Desa Tawangrejo, terdapat satu calon kepala desa mendadak mundur  setelah ditetapkan. Yang bersangkutan mundur pada tanggal 21 Maret 2022 atau dua hari menjelang pemilihan. Bahkan foto calon tersebut sudah tercetak dalam kertas surat suara yang disiapkan oleh panitia.

Camat Sarang Nasaton Rofiq mengatakan, semula di desa tersebut terdapat lima orang pendaftar. Setelah dilakukan seleksi tambahan melalui pembobotan dan tes tertulis panitia menetapkan tiga orang menjadi calon kepala desa berdasarkan nilai yang didapat masing-masing peserta.

Namun dua hari menjelang pemilihan, satu orang menyatakan mundur, dengan alasan sudah diterima bekerja. Sehingga secara otomatis di Desa Tawangrejo tersisa dua calon saja yang akan bersaing.

Yang daftar lima, setelah kami teliti berkasnya kemudian langsung kita skoring, dengan kriterias pengalaman menjadi kades selama lima tahun itu ada skornya 50, kemudian usia 25 sampai 40 itu ada nilainya sendiri, kemudian pendidikan terakhir itu juga ada nilainya. Dari lima mundur satu, setelah tertertulis mundur lagi satu, dan hanya tiga yang ditetapkan,” kata Nasaton.

Rofiq menabahkan bagi calon yang mengundurkan diri setelah ditetapkan, ada sanksi administrasi yang harus dibayar. Yaitu membayar sepertiga dari biaya penyelenggaraan Pilkades PAW yang dikeluarkan oleh desa.

Denda administrasi tersebut sudah dibayar oleh calon kades yang mengundurkan diri. Dana tersebut akan masuk kedalam rekening kas Desa Tawangrejo. Sedangkan gambar calon yang mengundurkan diri yang terlanjur dicetak, penitia memutuskan untuk menutupnya dengan kertas putih.

Untuk denda sudah dibayar masuk kedalam kas desa. Namun karena kertas surat suara berisi foto calon sudah terlanjur di cetak, maka panitia menutup gambar calon yang mundur ini dengan kertas putih. Jumlah pemilih Pilkades PAW di Desa Tawangrejo ada 50 orang,” pungkasnya. (Asmui)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…