Calhaj 2024, bisa lunasi BPIH

REMBANG – Besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk jemaah Kabupaten Rembang yang tergabung dalam Embarkasi Solo berdasar Keputusan Presiden No. 06 tahun 2024, sebesar Rp 58.562.008. Calon haji (Calhaj) bisa melakukan pelunasan  mulai tanggal 10 Januari sampai 12 Februari 2024.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang, Moh. Mukson mengatakan kalau jemaah sudah menyerahkan setoran awal Rp 25 Juta, maka tinggal melunasi Rp 33.562.008.

“BPIH antara embarkasi satu dengan yang lain berbeda, karena berkaitan dengan komponen pembiayaan transportasi,” imbuhnya.

Ia menjelaskan pelunasan BPIH bisa dilakukan di Bank Penerima Setoran Awal (BPS) pada waktu awal mendaftar haji.

Namun sebelum melakukan pelunasan, jemaah calon haji harus menjalani pemeriksaan dahulu di Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) untuk mendapatkan surat Keterangan Istithaah yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang.

Pemeriksaan kesehatan Calhaj meliputi, pemeriksaan medis di Puskesmas, pemeriksaan labarotorium di RSUD, dan pemeriksaan kognitif, mental, serta aktivitas sehari-hari.
Mukson berharap pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 akan lebih baik, karena Kemenag sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari.

“Kemenag sudah ngloloni lebih awal. Haji tahun 2024, persiapannya sudah sejak 2023. Hal ini menunjukkan kesungguhan Kemenag untuk memberikan pelayanan lebih baik,” ujarnya.

Pejabat yang tinggal di Desa Sumbermulyo Kecamatan Bulu ini menyebutkan sebanyak 1.234 jemaah calhaj 1445 H/2024 M berhak melakukan pelunasan BPIH Tahap I. Dari jumlah itu, Kemenag sudah mengawal pengurusan paspor 900 calhaj.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *