REMBANG – Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengusulkan agar di kota garam didirikan pabrik gula. Hal itu disampaikannya saat dialog dengan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, baru-baru ini.

Bupati mengatakan diusulkannya pendirian pabrik gula di Rembang karena akan menambah kesejahteraan petani di Kabupaten setempat. Karena bisa menghemat biaya transportasi.

“Masyarakat petani di Rembang dalam membudidayakan tebu sudah turun temurun, namun belum ada pabrik gula di Rembang. Dari sisi transportasi bayangkan kalau kita hari ini kirim ke Lamongan, ke Ngawi, ke Kendal, Jombang, Blitar, itu habis biaya berapa?” Bebernya.

Bupati menerangkan jumlah petani tebu di Rembang juga mendominasi jumlah petani di Rembang. Pasalnya, populasi tebu hampir 10 ribu hektar dari 39 ribu hektar total luas lahan pertanian di Rembang.

Menanggapi hal itu Direktur Perbenihan Perkebunan Kementan, M. Sholeh Mokhtar menyambut baik usulan itu sehingga apabila nanti ada investor pabrik gula ingin mendirikan pabrik di Indonesia hanya tinggal tunjuk lokasi ke Rembang. Pasalnya, saat ini pemerintah telah mendorong gula konsumsi masih ada kekurangan 650 ribu.

“Pak Bupati sudah welcome kalau ada investor tebu nyari tempat. Tidak perlu nyari tempat, beliau sendiri yang berharap,” Ujarnya.

Sholeh Mokhtar berharap apabila nanti pendirian pabrik terealisasi harus ada lahan, sempadan dan kesediaan petani menanam tebu. Sehingga operasional pabrik berjalan.(Masudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…