Vaksinasi dosis 1 untuk umum di Kabupaten Rembang sudah mencapai 90 persen. Capaian tersebut sudah melebihi salah satu syarat untuk PPKM level 1 dengan capaian vaksinasi dosis 1 sebesar 70% sesuai Inmendagri nomor 57 tahun 2021.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang, Abdul Hafidz Ketika mendapat kunjungan dari Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat di Pendopo Museum Kartini belum lama ini.

Bupati Hafidz menganggap capaian vaksinasi dosis 1 sebanyak 90 persen, sama artinya sudah tercapai 100 persen. Karena kekurangan 10 persen diasumsikannya berasal dari warga Rembang yang berada di luar Kabupaten.

“Untuk dosis 1, ini sudah 90 persen, berarti orang Rembang sudah tervaksin semua. Karena saya asumsikan yang 10 persen ini berada di luar daerah. Jadi yang di sini sudah tervaksin semua,” terangnya.

Sementara untuk vaksinasi dosis 2 untuk umum, lanjut dia, sudah hampir mencapai 80 persen. Kemudian vaksinasi dosis 1 pada lanjut usia (lansia) mencapai 77 persen.

Pihaknya mengungkapkan, penyakit komorbid yang ada pada lansia menjadi kendala capaian vaksinasi agak tersendat. Meskipun diakuinya berbagai upaya telah dilakukan untuk membujuk para lansia agar bersedia divaksin.

“Mereka dipaksa tidak mau, saya punya penyakit, saya punya penyakit. Padahal sudah kita beri kompensasi beras 5 kilogram, terkadang gula juga, tetapi tetap tidak mau. Karena ada kekhawatiran pada mereka,” bebernya.

Dengan capaian vaksinasi saat ini, pihaknya menilai dalam waktu dekat Kabupaten Rembang dapat berstatus PPKM level 1. Dengan begitu aktifitas masyarakat yang sebelumnya dibatasi akan lebih mendapat kelonggaran.

“Insya allah sebentar lagi level 1. Kalau level 1 berarti kita akan mendapat kelonggaran yang lebih longgar untuk aktifitas masyarakat,” pungkasnya.(Dari Rembang Rendy melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…