Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz dan Wakil Bupati Mochamad Hanies Cholil Barro’ serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berkunjung ke Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Rembang usai mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 77 di Istana Negara melalui zoom, Rabu (17/8) kemarin.

Selain bersilaturahmi dengan warga binaan, Bupati juga menyerahkan remisi secara simbolis kepada mereka. Di lokasi penyerahan remisi, juga dipamerkan hasil karya para Narapidana, seperti pajangan mobil, kapal, hingga keset.

Kepala Rutan kelas IIB Rembang, Supriyanto memberikan hasil karya warga binaan berupa kerajinan lukisan dari kerang yang berbentuk semar. Saat melihat sejumlah produk kerajinan yang dipamerkan di meja depan, ada satu kerajinan dari kayu yang menyita perhatian Abdul Hafidz, yaitu miniatur kayu mobil offroad.

“Saya terimakasih kepada Karutan yang telah membina warga binaan, cukup efekfif dan berhasil dibuktikan dengan karya kerajinan ini. Saya tertarik mobil offroad itu, ini kreatif banget. Kalau di sini (rutan) bisa seperti ini (membuat kerajinan), nanti kalau sudah bebas harus diteruskan,” imbuhnya.

Bupati Hafidz berkomitmen akan memprioritaskan UMKM. Sehingga warga binaan yang sudah bebas bisa berhubungan dengan dinas terkait untuk melanjutkan karier.

Terkait dukungan UMKM dari Pemkab, Kepala Rutan Kelas II B Rembang Supriyanto menyampaikan, sebelumnya juga sudah ada kerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK).

“Sudah ada kegiatan kemandirian bersertifikasi. Pak bupati menindaklanjuti untuk dikembangkan lagi. Sehingga kami antusias akan meningkatkan ketrampilan.”

Dikatakannya sudah ada beberapa warga binaan yang mendirikan bengkel sepeda motor di rumah masing-masing. Menurutnya hal tersebut bisa dikatakan berhasil untuk berdikari.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…