BRI Bantu Kembangkan Produk UMKM

Di awal tahun 2022 ini, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Rembang kembali mendapat angin segar. Sebab lembaga pembiayaan seperti Bank BRI akan membantu untuk mengembangkan produk-produk hasil UMKM.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang, Mahfud mengatakan, kerjasama Bank BRI dengan pelaku UMKM berorientasi pada pengembangan produk. Para pelaku UMKM akan dibantu dalam segi permodalan, pelatihan dan fasilitas pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Dirinya menyebutkan jumlah pelaku UMKM yang terdaftar di Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM ada 99.402 UMKM yang tersebar di 14 Kecamatan. Dari data tersebut kemudian diberikan kepada Kepala Unit BRI dimasing-masing Kecamatan agar dibantu untuk mengembangkan produknya.

Dari kepala-kepala unit di kecamatan nanti diharapkan ikut berkontribusi untuk membantu tumbuh kembang UMKM kita. Meski belum secara spesifik mengenai permodalan, namun untuk pemberian pembinaan dan pelatihan mereka siap untuk mendampingi UMKM kita,” kata dia.

Lebih lanjut Mahfud menerangkan, lembaga pembiayaan tidak melulu tentang permodalan. Namun program pembinaan, pelatihan dan fasilitas seperti ini lah yang diharapkan bisa diberikan kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka.

Sementara itu, Pembina Forum UMKM Rembang, Sugeng Setyo Hariyadi mengatakan, selain diberi pembinaan, pelatihan dan fasilitas, pelaku UMKM juga diberi kesempatan untuk menggelar bazar di salah satu hotel di jalan pantura.

Menurut Sugeng Setyo Hariyadi, diadakannya bazar produk UMKM itu sedikit mengobati rasa rindu para pelaku UMKM yang vakum mengikuti bazar sejak adanya pandemi covid-19.

Respon pelaku UMKM sangat luar biasa sekali, karena selam pandemi itu kan jarang ada penyelenggaraan bazar seperti itu. Jadi ini temen-temen UMKM juga senang sekali karena ada banyak yang beli,” ungkapnya.

Pelaku UMKM sekarang ini juga mendapat fasilitas pembayaran digital menggunakan Qris. Sehingga pembeli bisa bertransaksi melalui pembayaran dari berbagai macam alat transaksi elektronik seperti e-wallet, misalnya Dana, OVO, GoPay, ShopeePay, LinkAja, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…