Badan Pusat Statistik (BPS) menyiapkan malam registrasi sosial ekonomi (regsosek) guna mendata warga tunawisma di Kabupaten Rembang.

Malam regsosek tersebut berlangsung serentak seluruh Indonesia pada tanggal 29 Oktober 2022. Sehingga diharapkan tidak ada warga yang terlewatkan pada saat pendataan ini.

Kepala BPS Kabupaten Rembang, Teguh Imam Santoso, mengatakan malam regsosek akan melibatkan pihak-pihak terkait dalam hal ini TNI/Polri, maupun Satpol PP.

Yang menjadi sasaran dalam pendataan pada tanggal tersebut, adalah warga yang tidak memiliki rumah atau tuna wisma yang tinggal di emperan toko, maupun lokasi yang diperkirakan menjadi lokasi mangkal gelandangan.

“Kami menargetkan semua warga harus terdata, jangan ada yang terlewatkan. Utamanya saudara kita yang belum beruntung memiliki rumah,” kata Kepala BPS Rembang Jumat (14/10).

Teguh menambahkan pihaknya sudah mengunjungi sejumlah titik yang biasa dijadikan mangkal para tunawisma di wilayah Kabupaten Rembang.

“Kami sudah mengunjungi sejumlah titik yang biasanya banyak warga tunawisma di Rembang,” katanya.

Dia menjelaskan malam regsosek diperuntukkan bagi warga yang tergolong tunawisma atau mereka yang tidak bertempat tinggal dan orang-orang yang terganggu jiwanya.

Malam regsosek ini, kata dia, dilakukan untuk mengetahui jumlah tunawisma yang tidak bertempat tinggal dan tidak memiliki keluarga, khususnya yang menjadikan kawasan publik sebagai tempat tinggal.

Pendataan ini dilakukan dalam waktu semalam dengan menyisir tempat-tempat yang sering digunakan tuna wisma berteduh di malam hari antara lain, ruko, pasar, terminal, dan pelabuhan.

Kegiatan malam regsosek digelar BPS di seluruh Nusantara ini menjadi potret nyata, bahwa sebenarnya ada tunawisma yang tidak bisa hidup dengan layak dan nyaman.

Regsosek 2022 yang diselenggarakan oleh BPS mulai tanggal 15 Oktober 2022. Kabupaten Rembang menerjunkan 1.185 petugas yang sudah terlatih.(Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Upah Pekerja di Rembang Diusulkan Naik Tahun Depan

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Rembang sudah mengusulkan kenaikan upah…

Perempuan Cantik Sulap Kopi Menjadi Jelly

REMBANG – Umumnya kopi disajikan dalam sebuah cangkir, dan dalam keadaan hangat…

Terasa Lur sasar PT. Plan Putra Samudra

  KRAGAN – Setelah alat ukurnya dilakukan tera kini PT. Plan Putra…

Tanggulangi Dampak Inflasi, Pelaku UMKM Dibekali Pelatihan

REMBANG – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Rembang menggelar pelatihan…