Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat memicu bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi kapan saja. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kesiapsiagaan menghadapi cuaca ekstrim di Desa Krikilan, Desa Jatihadi, Desa Kedungtulup Kecamatan Sumber Selasa (25/01/2022) kemarin.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Rembang Risang Soko mengatakan, ketiga desa tersebut merupakan wilayah langganan banjir setiap musim penghujan. Namun berdasarkan pantauan untuk Desa Jatihadi dan Desa Kedungtulup intensitas banjir sudah mulai berkurang.

Namun untuk Desa Krikilan memang masih dimungkinkan menjadi langganan banjir, karena kondisi sungainya perlu mendapatkan penanganan. Didekat jembatan, selain terjadi pendangkalan, juga masih ditemukan sampah rumpun bambu maupun sampah rumah tangga.
Kondisi tersebut membutuhkan kepedulian masyaralat setempat untuk membersihkan, maupaun merubah prilaku agar tidak menjadikan sungai sebagai tempat sampah.

“Fokusnya di banjir yang menjadi agak langganan itu untuk wilayah Sumber, Desa Krikilan, Jatihadi, dan Kedungtulup, ya di lingkaran itu. Tapi untuk Desa Jatihadi sejak adanya Randugunting sudah intensitasnya jauh berkurang. Tapi yang di Krikilan masih dimungkinkan karena kondisi sungainya harus di tangani,” kata Risang.

Untuk mengatasi sampah yang di sungai Desa Krikilan, BPBD bersama pemerintah desa setempat dalam waktu dekat ini akan mengadakan kegiatan pembersihan sungai dari sampah yang akan melibatkan relawan dan masyarakat.

Untuk memantau potensi cuaca Ekstrem, BPBD membentuk sejumlah tim untuk diterjunkan ke lokasi-lokasi rawan. Baik rawan banjir, longsor, putting beliung dan bencana alam lainnya. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…