Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) menggelar bimbingan teknis tahap 2 penyusunan masterplan smart city. Kegiatan yang digelar di aula sayap barat Komplek Museum RA Kartini, Rabu (20/7) dan Kamis (21/7) itu diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Seperti di tahap pertama, para peserta di bagi menjadi enam kelompok, sesuai dengan dimensi smart city. Enam dimensi itu Smart Governance, Smart Branding, Smart Ekonomi, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

Tim Pembimbing Smart City, Heri Sutrisno, menyampaikan ada dua kertas kerja yang harus diisi. Pertama tentang program kerja dan yang kedua rencana aksi dari turunan sword analisis dari bimtek tahap 1.

Dikatakan Heri strategi dari sword itu dituangkan ke rencana kerja dan rencana aksi. Referensinya ke permasalahan utama daerah, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan kota atau daerah masing-masing dalam bentuk inovasi.

“Misalnya tadi ada kemiskinan, inovasinya apa untuk mengentaskan kemiskinan. Tadi ada kemandirian desa, nah inovasinya apa supaya desa itu mandiri, apa yang harus kita lakukan dari program kerja sampai rencana aksi, itu tujuan sebenarnya bimtek 2, ” terangnya.

Ada tujuh permasalahan utama di Kabupaten Rembang sesuai yang tercantum di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026. Ketujuh permasalahan yang harus diselesaikan yaitu Tata Kelola Pemerintahan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), ketersediaan dan kualitas insfrastruktur, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, lingkungan hidup dan kemandirian desa.

Selama Bimtek satu kelompok dimensi yang terdiri atas beberapa OPD berdiskusi untuk menentukan strategi- strategi yang disepakati.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…