Merpati merupakan unggas yang dapat dikembangbiakkan dengan cara yang relatif mudah. Bahkan bagi yang suka memelihara merpati jenis hias, hal ini bisa menjadi hobi yang mendatangkan cuan.

Seperti yang dilakukan pria asal Rembang bernama Ahmad Anhar yang mengembangkan hobinya memelihara merpati hias hingga mendatangkan cuan jutaan. Ia berternak merpati di rumahnya di Dukuh Jambangan Desa Padaran Kecamatan Rembang.

Anhar mengaku awal mula berternak merpati hias Ketika dirinya ingin mencari hiburan yang bisa ia nikmati di rumah. Kemudian terlintas di pikirannya untuk mencoba membeli merpati hias. Karena ia tertarik dengan keindahan merpati hias.

“Tertariknya itu dari corak warna bulu seperti batik, jenis klasik ini. Bedanya dengan merpati biasa dari postur tubuh dan paruh itu yang jelas membedakan,” kata dia.

Bermula dari ketertarikan itulah dirinya mulai mengembangbiakkan 3 pasang merpatinya yang ia beli sejak November 2021. Kini di kandang yang terletak di belakang rumahnya itu sedikitnya ada 30 ekor merpati hias mulai dari indukan hingga anakan.

Untuk perawatan merpati hias pun dikatakannya cukup mudah. Hanya perlu ganti air dan pemberian pakan yang rutin setiap hari.

Diakuinya peminat merpati hias sebenarnya sangat banyak. Namun kebanyakan para peminat menyamakan harganya dengan merpati biasa. Sehingga dirinya enggan untuk menjual merpati hiasnya dengan harga rendah.

“Mungkin pada kaget saja dengan harganya. Kalau merpati biasa mungkin tidak ada Rp. 100 ribu dapet, tapi kalau untuk merpati hias kan lebih mahal. Banyak yang alasan uangnya kepakai ini itu, jadi tidak sesuai ucapan hobi saya mahal,” ucapnya.

Kendati demikian sejauh ini sudah ada 8 ekor merpati hiasnya yang sudah laku terjual. Dengan total harga Rp. 2 jutaan. Diakuinya tidak ada patokan harga merpati hias, karena harga tergantung dari postur tubuh, warna, dan jenis burung.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…