REMBANG – Untuk memaksimalkan pelayanan tera ulang di Kabupaten Rembang, pihak Dinas Perdagangan, koperasi dan UK. (Dindagkop dan UKM) Kabupaten Rembang setempat melalui UPT Metrologi Legal memberikan pelatihan juru timbang bagi belasan staf pegawai pasar yang ada di wilayah setempat.

Kepala UPT Metrologi Legal Rembang, Mukaromah melalui Wibowo Priambodo Penera Ahli Pertama mengaku pada tahun 2022 ini telah lahir 20 orang juru timbang baru. Mereka merupakan staf UPT Metrologi Legal Rembang, dan para petugas pasar daerah Kabupaten Rembang.

“Tujuan pelatihan agar peserta lebih memahami fungsi metrologi legal, dapat melakukan pengawasan dan pengujian timbangan guna menjaga tertib ukur,” jelasnya.

Program pelatihan ini berlangsung hingga 22 Juni 2022. Pelatihan Peserta yang lulus nantinya akan mendapat sertifkat juru timbang sebagai bukti bahwa mereka memililki kompetensi sebagai juru timbang di daerah.

Kegiatan ini dilakukan secara secara online maupun offline. Setelah mendapatkan pembekalan secara teori, mereka kemudian akan praktik langsung menggunakan peralatan di kantor UPT. Metrologi Legal Rembang.

Satu persatu peserta praktik secara langsung untuk memahami teknis seting timbangan agar pas dan sesuai ukuran sesuai dengan program Kementerian terkait.

Sebelumnya pihak Kementerian Perdagangan menyampaikan, melakukan pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) perdagangan melalui pelatihan dan pendidikan bagi 1.000 juru timbang dan reparatir alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP) untuk mewujudkan “Satu Nusa Satu Ukuran”. Program ini sekaligus merupakan inovasi Kementerian Perdagangan dalam mencapai tujuan tertib ukur di tanah air.(As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Rembang akan jadi Tuan Rumah Jambore Relawan Nasional 2022

REMBANG – Pada tanggal 5 sampai dengan 7 Oktober 2022 Kabupaten Rembang…

Kepala Dinsos PPKB Subhan Tutup Usia

REMBANG – Kabar duka datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang. Pasalnya, Kepala…

Pilkades lancar, 16 incumbent terpilih kembali

  REMBANG – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Rembang, yang…

Partisipasi Pemilih pada pilkades serentak cukup tinggi

REMBANG – Partisipasi pemilih pada pemilihan kepala desa (Pilkades) di 42 desa…