pada

REMBANG – Tahapan demi tahapan pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 sudah berjalan sejak tanggal 14 Juni 2022 lalu.
Sejumlah partai politik (Parpol) diberitakan saling berkonsolidasi. Bahkan para petinggi parpol sudah saling berkunjung untuk menjajaki peta koalisi.

Bahkan Sejak tanggal 1 Agustus 2022 lalu sudah mulai dibuka pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2024. Sampai dengan hari ini ada 11 parpol yang sudah mendaftar di komisi pemilihan umum (KPU) RI.

Berdasarkan aturan mengenai pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik anggota DPR dan DPRD tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022, pendaftaran partai politik dan penyampaian dokumen pendaftaran berlangsung pada 1-14 Agustus. Sedangkan verifikasi administrasi dilakukan pada 2 Agustus hingga 11 September 2022.

Anggota Bawaslu Kabupaten Rembang Amin Fauzi mengatakan, pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta pemilu merupakan tahapan paling krusial untuk diawasi. Karena, pada tahapan ini menjadi pintu masuk parpol untuk menjadi peserta pemilu dan memiliki hak untuk dipilih.

“Tanpa ada pendaftaran, parpol tidak bisa menjadi peserta pemilu. Jadi pintu masuk untuk menaungi hak untuk dipilih pada tahapan pendaftaran parpol. Jadi dalam konteks pemilu 2024 ini menjadi tahapan penting untuk diawasi,” kata Amin.

Ia menambahkan, dalam tahapan ini pengawasan sangat penting sesuai dengan perannya. Mulai dari Bawaslu RI sampai ke Bawaslu tingkat kabupaten / kota. Namun pengawasan yang tidak kalah penting ialah pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat dengan cara memberikan informasi-informasi kepada pihak terkait.

Untuk tahapan pengawasan, menurut Amin, Bawaslu Rembang membuat indeks kerawanan pemilu sesuai dengan wilayah. Yang meliputi situasi penyelenggara, kontestasi pemilu sebelumnya dan isu kewilayahan.

“Jadi dalam tahapan ini tidak bisa hanya satu tingkatan saja melakukan pengawasan. Jadi ada peran Bawaslu RI hingga daerah. Termasuk juga KPU disemua tingkatan,” tambahnya.

Saat ini KPU Kabupaten Rembang sudah mulai membuka konsultasi pemilu bagi parpol peserta pemilu. Selain itu, tugas KPU Kabupaten kota, akan bekerja mulai tahapan administrasi kepengurusan dan keanggotaan parpol di tingkat daerah. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Rembang akan jadi Tuan Rumah Jambore Relawan Nasional 2022

REMBANG – Pada tanggal 5 sampai dengan 7 Oktober 2022 Kabupaten Rembang…

Kepala Dinsos PPKB Subhan Tutup Usia

REMBANG – Kabar duka datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang. Pasalnya, Kepala…

Pilkades lancar, 16 incumbent terpilih kembali

  REMBANG – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Rembang, yang…

Partisipasi Pemilih pada pilkades serentak cukup tinggi

REMBANG – Partisipasi pemilih pada pemilihan kepala desa (Pilkades) di 42 desa…