Bawaslu Rembang masih kekurangan pendaftar

REMBANG – Peluang untuk diterima menjadi petugas pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), sangat terbuka lebar. Pasalnya, pada hari ke-5 penerimaan pendaftaran anggota jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di tingkat paling bawah itu, masih ada yang mengalami kekosongan pendaftar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Rembang, melalui koordinator divisi Sumber Daya Manusia, organisasi, pendidikan dan pelatihan, M. Dhofarul Muttaqiin, kepada wartawan, di ruang kerjanya, Sabtu (6/1) mengatakan sampai hari ke-5 pendaftaran, baru ada 1.874 pendaftar dari jumlah kebutuhan 2.201 pengawas TPS. 

“Ini yang sudah terpenuhi ada di Kecamatan Bulu. Dan kecamatan-kecamatan lain, kekurangannya berkisar antara 30 sampai 35 pendaftar. Tapi yang masih paling banyak kekurangannya ada di Kecamatan Rembang yaitu 90 pendaftar,” imbuhnya.

Ia menyebutkan selama 5 hari pendaftaran itu, jumlah rata-rata pendaftar per harinya mencapai 400 orang. Dari jumlah pendaftar itu didominasi laki-laki dengan jumlah total 1.043 orang sedangkan jumlah perempuannya 831 orang.

Walau saat ini masih terjadi kekurangan pendaftar menurut Muttaqiin masih ada harapan dapat terpenuhi pada hari Sabtu (6/1) ini, sebagai hari terakhir pendaftaran. Karena pengawas TPS saat ini, cukup ringan persyaratannya.

“Mulai penurunan usia dari 25 tahun menjadi 21 tahun. Syarat kesehatan juga cukup surat pernyataan bermeterai. Kalau dulu harus ada surat keterangan dari instansi yang berwenang,” ujarnya.

Muttaqiin mengungkapkan apabila sampai penutupan pada jam 16.00 WIB nanti, belum ada peminatnya. Maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran selama 2 hari yaitu pada 7 dan 8 Januari 2024.

Pendaftar yang memenuhi syarat dapat mendaftar di sekretariat Panitia Pengawas Kecamatan di masing-masing kecamatan pada jam 8 hingga 16 setiap harinya.

Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi pengawas TPS, nantinya akan dilantik pada tanggal 21 Januari 2024.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *