Bawaslu Bakal Lakukan Kajian Video Viral Kades Nyatakan Sikap Dukungan ke Jokowi

REMBANG – Beredar viral di media sosial video yang menampilkan sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Rembang kompak menyatakan sikap dukungan terhadap Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), baru-baru ini.

Paguyuban Kepala Desa (Kades) mengklaim video tersebut merupakan respons atas isu pemakzulan presiden yang mencuat di media dan tidak ada muatan dukung mendukung paslon. Video tersebut terunggah di media sosial tik tok dan tersebar melalui pesan berantai.

Ketua Paguyuban Kades Rembang, Jidan Gunorejo menjelaskan, video yang beredar itu tidak ada kaitannya dengan memberikan dukungan terhadap pasangan calon (paslon) Presiden tertentu. Namun, murni respons atas mencuatnya isu pemakzulan terhadap Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, kata Jidan, narasi yang termuat dalam video itu tidak hanya di Kabupaten Rembang. Namun juga dibuat di beberapa wilayah lain.

Dia mengaku sudah mengkonfirmasi kepada kades-kades yang berada di dalam video itu. Menurutnya, mereka hanya spontan karena di daerah lain juga ada yang membuat video serupa.

“Ini hanya untuk mengcounter berita di pusat, nasional, di isu pemakzulan presiden ini. Sehingga kami merasa ini kenapa negara kok dibuat goncang semacam kepentingan elit-elit politik. Kami tegak lurus kepada Pak Jokowi supaya menyelesaikan tugas-tugasnya sampai akhir masa jabatan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rembang, Totok Suparyanto menyampaikan, pihaknya juga baru saja menerima rekaman video tersebut. Sehingga, untuk sementara belum bisa melakukan klarifikasi.

“Kami akan melakukan kajian terlebih dahulu, karena harus melalui proses pleno. Jadi kita belum berani berasumsi. Nanti kalau sudah kita lakukan kajian terhadap aturannya, baru kita berani berstatemen,” jelasnya.

Totok menambahkan, sejauh ini masih belum ada pihak yang melaporkan atas beredarnya video tersebut.(Rendy/Msd/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *