Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Rembang menggelar Batik Tulis Lasem Fest 2022, Senin (25/7/2022). Bertempat di komplek gedung Dekranasda yang ada di Kecamatan Lasem, event itu dimeriahkan dengan tiga kegiatan.

Tiga kegiatan yang juga bisa ditonton di akun youtube Pemerintah Kabupaten Rembang itu meliputi lomba tari kontemporer, lomba Mural batik, video pendek dan fashion show para juara dalam event serupa tahun 2021 lalu.

Kepala Dindagkop dan UKM. Rembang, M. Mahfudz menuturkan kegiatan kreatif tersebut dipusatkan di sana dengan harapan gedung Dekranasda bisa semakin mewadahi anak- anak muda, pengrajin maupun seniman untuk berkreasi. Tak hanya itu event BTL 2022 juga digelar menyongsong penetapan Lasem sebagai Kota Pusaka.

“Kegiatan Festival BTL ini juga menyongsong Lasem sebagai kota pusaka. Sinergitas Lasem sebagai kota pusaka ini didukung dengan pengembangan potensi dan budaya.” Terangnya.

Ketua Dekranasda Rembang Hasiroh Hafidz menyambut baik kolaborasi kegiatan tersebut. Dengan adanya BTL 2022 ini anak- anak muda bisa menyalurkan bakat, kreatifitas dan inovasinya di bidang seni budaya.

“Kegiatan ini sesuai dengan kearifan lokal, dengan adanya lomba – lomba ini tentu dapat membuat anak-anak muda semakin cinta terhadap batik tulis Lasem. Kami berharap kepada Dinas Pendidikan, dimana sekolah- sekolah ada ekstra kulikuler membatik agar menjaga kelestarian batik yang ada di Rembang ini, ” ungkapnya.

Dari para peserta lomba dan fashion show semuanya memakai busana yang berbahan dari batik tulis Lasem yang divariasikan dengan kain jenis lainnya. Sementara mural di tembok salah satu ruangan di tepi gedung Dekranasda juga ada unsur batik tulis dan tentang toleransi yang terjalin di Lasem.(Dari Lasem Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…