Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, hari Sabtu (12/3), fasilitasi gerakan ngarit bersama. Kegiatan itu dilakukan di sawah yang padinya terendam air, di Kecamatan Sumber. Selain Kepala dinas, kepala bidang dan staff dalam kegiatan itu melibatkan penyuluh lapangan, Konco Tani Rembang, UPJA Kaliori-Sumber dan kelompok tani.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dintanpan Kabupaten Rembang, Sri Prabandari mengatakan digelarnya gerakan panen padi dengan ngarit bersama, agar padi yang terendam air tidak tumbuh tunas baru sebelum dipanen.

“Lahan padinya sudah siap panen, terkena banjir. Padinya kan roboh. Kalau tidak segera dipanen, padinya akan tumbuh,” Imbuhnya.

Sri Prabandari mengungkapkan setelah air banjir surut, Dintanpan mendatangkan mesin pemanen padi ke sawah yang terkena dampak banjir. Namun karena terkendala medan sawahnya yang berbentuk terasiring, sehingga mesin pemanen padi, tidak sampai ke bawah. Sehingga pihaknya berinisiatif melakukan gerakan panen padi dengan tenaga manusia yaitu ngarit bersama. Agar padinya cepat dipanen dan didos.

Sri Prabandari menuturkan dalam kegiatan itu juga diserahkan bantuan oleh DPD. Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Rembang senilai Rp. 1 juta untuk petani sebagai premi asuransi masa tanam akan datang. Dan mengupayakan padi yang terendam itu bisa mendapat Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Sebelumnya, Dintanpan Kabupaten Rembang data kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rembang, kerugian yang diderita petani dengan adanya banjir pada pekan kemarin, merusak padi siap panen di Kecamatan Kaliori 60 hektar, Sumber 22 hektar dan Kecamatan Sale 2,5 hektar dengan kerugian mencapai Rp. 1 Milyar.(Dari Sumber Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…