KALIORI – Pemerintah Desa (Pemdes) Sidomulyo, Kecamatan Kaliori, pada tahun 2023 ini, berencana akan melakukan normalisasi sungai. Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sidomulyo, di Balai Desa setempat, baru-baru ini.

Ketua BPD Sidomulyo mengatakan untuk merealisasikan rencana itu, Pemdes terkait telah menganggarkan Rp 20 juta.

“Untuk mengatasi penyempitan sungai. Membutuhkan dana sangat besar. Termasuk alat-alat berat. Alhamdulillah tahun 2023 ini, dari desa menggunakan Dana Desa, mengalokasikan Rp 20 juta di APBDes perubahan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan perlunya dinormalisasi karena lebar sungai mengalami penyempitan karena sungai pada tahun 1980an lebarnya mencapai 7 meter, namun saat ini lebarnya tinggal 4 meter.

Satiman menjelaskan faktor penyebab banjir di Dukuh Kalipang karena posisi letak antara sungai dengan pemukiman itu lebih rendah pemukimannya. Selain itu tunggakan bambu juga ikut menyumbat jalannya air.

Kasus kejadian banjir pada tahun 2022 kemarin, menurut Satiman di Dusun setempat terjadi 4 kali banjir dalam setahun. Tinggi rata-rata banjir 1 meter lebih.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’ sangat mengapresiasi Pemdes bersangkutan yang akan melakukan normalisasi sungai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTaru) akan meminjami alat berat.

“Untuk yang sudah dianggarkan Dana Desa Rp 20 juta. Itu Pemkab bantu komunikasi dengan DPUTaru untuk pinjam alat beratnya,” ujarnya.

Pria yang biasa disapa Gus Hanies itu menuturkan pengadaan normalisasi sungai dari anggaran Pemkab Rembang, di tahun ini, belum bisa direalisasikan. Karena butuh perencanaan dan anggaran.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

FKP penyelenggaraan pelayanan publik digelar oleh Kecamatan Rembang

REMBANG – Kantor Kecamatan Rembang, baru-baru ini, menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP)…

UPK ikut bantu kekeringan di Kecamatan Sumber

SUMBER – Krisis kekurangan air bersih akibat el nino di beberapa desa,…

Beredar Vidio Wajah Perempuan di Kragan Bersimbah Darah

KRAGAN Seorang perempuan di wilayah Kecamatan Kragan menjadi korban penganiayaan yang diduga…

3 Desa di Lasem jadi sasaran sosial IAI

  LASEM – Hingga saat ini ada 31 desa di kabupaten Rembang…