Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho dan spanduk Calon Presiden 2024 sudah mulai tampak menghiasai beberapa titik jalan pantura di wilayah Kecamatan Kaliori. Beberapa baliho yang dijumpai bernada dukungan untuk calon presiden Ganjar Pranowo.

Tidak hanya di tepi jalan, spanduk dukungan calon presiden juga menyasar dinding kayu gudang garam milik petani di wilayah Kecamatan Kaliori.

Padahal sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023, masa kampanye dilaksanakan selama 75 hari, mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Namun saat ini nampaknya kampanye melalui APK berupa baliho dan spanduk sudah dilakukan lebih awal.

Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Rembang, Amin Fauzi, membenarkan jika APK berupa baliho dan banner dukungan calon presiden memang sudah mulai muncul di sejumlah titik. Namun hal itu belum bisa dikatakan kampanye.

Sebab, saat ini masih belum ada pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk 2024. Sehingga mereka belum bisa disebut sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

“Ketika mereka memasang gambar, entah itu baliho entah itu spanduk, itu juga belum bisa dikatakan sebagai bakal calon,” ucapnya.

Terkait lokasi pemasangan spanduk, menurutnya setiap daerah memiliki aturan berupa Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur wilayah larangan pemasangan APK. Dan yang berwenang melakukan penertiban adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Rembang sebenarnya sudah mengeluarkan Perbup itu, tapi perlu dilihat apakah gambar-gambar itu menyalahi Perbup atau tidak, ketika menyalahi Perbup maka yang menertibkan adalah Satpol PP sebagai penegak Perbup,” jelasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan pemasangan lambang partai politik, APK dan alat peraga lainnya di tempat umum sudah diatur dalam Perbup Nomor 4 Tahun 2014. Perbup tersebut merupakan Perubahan Ketiga Atas Perbup No. 39 Th. 2007.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…