REMBANG – Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Rembang terus mengambil langkah pencegahan sebaran antraks. Meski wilayahnya masih aman atau belum ada temuan kasus.

Mengingat maraknya sejumlah kasus tersebut di Kabupaten Klaten belum lama ini. Selain menerjunkan personil di tingkat kecamatan, pihaknya juga sudah melakukan imunisasi secara rutin setahun dua kali. Setidaknya meningkatkan kekebalan dari penyakit.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto mengatakan, meski menunggu seraya berharap kasus tidak menyebar ke Rembang, Dinas Pertanian terus menggelar sosialisasi dan menggali informasi dari masyarakat ada dan tidaknya sebaran.

Jika ada temuan kasus, Agus Iwan memastikan, pihak siap melakukan vaksin. Karena ketersediaan anggaran untuk obat ternak diwilayahnya sejauh ini masih aman.

“Semoga tidak sampai kesini ya mas, kami siap melakukan imunisasi kalau ada laporan. Di kami tahun ini anggaran untuk pengobatan ternak yang terjangkit penyakit ada Rp 30 juta,” kata Agus Iwan Haswanto.

Ia menambahkan, jika anggaran tersebut masih kurang, ia akan mengajukan tambahan suntikan anggaran dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Agus mengaku anggaran untuk pengobatan hewan relatif sedikit karena kesadaran masyarakat untuk melakukan pengobatan secara mandiri sudah cukup tinggi. Mereka memilih melakukan pengobatan swadaya tanpa menunggu anggaran dari pemerintah.

Sementara saat ditanya mengenai tingkat kematian ternak di Rembang relatif sangat rendah. Jika dipresentasikan perkiraan dibawah 0,1 persen.

Untuk keluhan penyakit ternak yang paling sering ialah, perut kembung, dan infeksi paru. Namun demikian, pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi cara menangani penyakit tersebut . (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…