Mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi di Kabupaten Rembang membuat Pemkab Rembang mengambil Tindakan tegas. Dimana 2 pasar hewan yang berada di Kecamatan Pamotan dan Kecamatan Kragan dilakukan penutupan sementara.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Rembang, Mahfudz menyampaikan untuk mengantisipasi penyebaran PMK lebih luas pada hewan yang dijualbelikan, pemkab Rembang telah mengeluarkan surat edaran tentang penutupan dua pasar hewan besar di Pamotan dan Kragan.

Penutupan tersebut bersifat sementara, yakni dilakukan hanya 2 kali saat pasar hewan itu beroprasi. Untuk pasar hewan Pamotan ditutup pada tanggal 31 Mei dan 7 Juni. Sementara pasar hewan Kragan ditutup pada tanggal 28 Mei dan 4 Juni.

“Ini kan sudah agak menyebar, kalau kemarin kan awal-awal hanya 4, ternyata penyebarannya sudah meningkat. Sehingga Pak Bupati mengambil kebijakan untuk melakukan penutupan sementara pasar hewan. Dilakukan 2 kali selama 2 Minggu kedepan,” kata dia.

Pihaknya mengungkapkan, surat edaran penutupan pasar hewan itu sudah disosialisasikan kepada pihak terkait dan pengelola. Meski PMK sudah mewabah di Kabupaten Rembang, dirinya menghimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir.

Sebab, menurut para ahli penyakit PMK yang dapat menyerang sapi, kambing, kerbau, domba, babi, kuda dan hewan ruminansia lain sejatinya tidak zoonosis atau tidak menular ke manusia. Dengan begitu, keberadaan hewan-hewan dengan infeksi PMK tidak akan menularkan virusnya kepada manusia.

“Dengan adanya PMK ini saya harap masyarakat tidak perlu terlalu cemas menyikapi ini dan tetap waspada dan hati-hati itu wajib. Kemudian Ketika melakukan proses memasak daging bisa dimasak dengan syarat perlakuan yang benar. Minimal dimasak selama 30 menit di suhu 100 derajat,” pungkasnya.(Dari Rembang Rendi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…