Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang tidak menampik jika masing sering menerima komplain dari masyarakat karena pelayanan pembuatan e-KTP tidak maksimal.  Hal itu disebabkan oleh sejumlah peralatan untuk memberikan pelayanan sudah lama rusak.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rembang Suparmin mengatakan, di kantornya terdapat 3 printer untuk keperluan pencetakan e-KTP. Dua unit diantaranya mengalami gangguan dan tidak bias dioperasikan.

Selain itu, hasil pencetakan e-KTP juga sering tidak bagus, Akibat kejadian ini, hasil pencetakan e-KTP menjadi tidak sepurna, kadang terdapat bercak tinda, kadang gambar dan warga tidak utuh sebagaimana mestinya.

“Paling komplain antri agak lama, karena alat pencetaknya cuman satu. Sama ini kadang hasilnya tidak sempurna, ada beretnya,” kata Suparmin ketika ditemui di kantornya.

Ia menambahkan instansinya menjadi tumpuan pelayanan, setelah peralatan rekam dan cetak di 9 kecamatan rusak. Sehingga setiap hari banyak warga mengantri untuk mendapatkan e-KTP meski masih masa pandemi.

Menurut Suparmin, saat ini ada 7000 orang yang sudah melakukan perekaman, namun sampai hari ini belum tercetak.  Setiap hari pihaknya hanya mampu mencetak 300 pemohon. Pihak Dindukcapil sudah melaporkan kondisi ini kepada Sekda Rembang, untuk ditindaklanjuti. Ia berharap ada kucuran dana tak tersangka dari daerah, karena sudah sangat mendesak diatasi.

“Minimal butuh 3 unit printer pencetak dan 2 unit alat perekam. Perkiraan menyedot anggaran Rp 340 Juta. Setelah itu, bisa ditambah secara bertahap melalui APBD Perubahan tahun ini dan anggaran induk 2023,” pungkasnya. (Asmui)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…