REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang sudah menerima kedatangan vaksin untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dengan datangnya vaksin tersebut, banyak warga yang mengharapkan semoga wabah PMK di Kota Garam segera berlalu.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengatakan, untuk tahap pertama ada 3 ribu dosis vaksin yang sudah diterima oleh pihaknya.

Vaksin tersebut akan mulai disuntikkan kepada sapi mulai hari ini Selasa 28 Juni 2022. Untuk tahap pertama sapi milik warga Desa Pangkalan, Kecamatan Sluke yang akan menjadi sasaran suntik vaksin PMK yang perdana di Rembang.

“Iya mas sudah tiba vaksinnya sekitar 3.000 dosis akan mulai kita suntikkan,” kata Iwan melalui pesan singkatnya.

Iwan menambahkan, pihaknya akan memulai vaksinasi PMK mulai dari kecamatan atau desa yang benar-benar bersih dari penyakit mulut dan kuku. Karena sapi yang akan disuntik vaksin harus sehat tidak ada gejala apapun untuk meminimalisir sejumlah resiko.

“Tentu untuk meminimalisir sejumlah resiko syarat vaksin sapi itu harus benar-benar sehat dan mengutamakan wilayah yang belum ada wabah PMKnya. Untuk meminimalisir resiko-resiko,” beber Agus Iwan.

Setiap satu botol vaksin diperkirakan berisi 100 dosis vaksin PMK. Selain melalui pendataan, pemilik ternak juga dapat melakukan pengajuan permohonan vaksin PMK. Karena sapi yang divaksin juga harus berdasarkan persetujuan pemiliknya.

“Jika nanti misal suatu desa sapi yang disuntik vaksin kurang dari 100 ekor ya kita ambilkan dari desa sekitarnya,” pungkasnya.(Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Jumlah Desa Butuh Bantuan Air Bersih Bertambah

REMBANG – Pergantian musim datang semakin tak menentu. Kadang musim kemarau berjalan…

Laga Perdana PSIR Raih Kemenangan 4-0

REMBANG – Laga Perdana Persatuan Sepakbola Indonesia Rembang (PSIR) Rembang melawan Persatuan…

Seratusan Penghafal Al-Qur’an Gelar Do’a untuk Rembang

REMBANG – Seratusan penghafal Al Qur’an, Sabtu (24/9), menggelar do’a bersama untuk…

Petani tambak Kaliori, mulai panen garam

KALIORI – Petani tambak di Kecamatan Kaliori, mulai panen garam. Hal itu…