Seleksi tahap wawancara dan penguasaan komputer bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 telah dilaksanakan selama tiga hari sejak hari Minggu (11/12) sampai Selasa (13/12).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Zainal Abidin mengatakan selain tes wawancara di hari yang sama peserta juga tes penguasaan komputer.

Zainal Abidin menyebutkan total kebutuhan tiap kecamatan lima orang. Untuk yang lolos tes tahap ini jumlahnya 3 kali dari kebutuhan, sehingga rata- rata 15 orang tiap kecamatan.

“Namun kalau nilai peringkat 15, 16, 17 sama maka diikutkan semua. Jadi beberapa kecamatan ada yang 15, 16 dan 18, tapi ada juga yang 14 karena pesertanya terbatas.” kata dia.

Materi dalam tes wawancara itu ada tiga secara garis besar. Pertama tentang pengetahuan kepemiluan, kedua tentang integritas dan wawasan kebangsaan.

Sementara dalam perekrutan PPK diikuti sebanyak 644 orang. Namun setelah melalui tahapan administrasi yang lolos sekitar 396 orang. Selanjutnya tahapan seleksi kompetensi CAT yang lolos ada 217 orang.

“217 lulus diambil 10 besar total wawancara PPK diambil 10 besar dengan peringkat 1 sampai 5 ditetapkan PPK, sedangkan 6 sampai 10 cadangan pada hari minggu per kecamatan selama 3 hari,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan terkait gaji yang akan diterima sebagai Ketua PPK sebesar Rp. 2.500.000 dan anggota PPK sebesar Rp. 2.300.000 per bulan, dipotong pajak. Khusus Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa, Ketua akan menerima honor Rp. 1.500.000, sedangkan anggota Rp. 1.300.000 setiap bulan.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…