2023, SPBE Rembang sangat baik

REMBANG – Pada awal tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat berupa apresiasi tinggi dalam penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023. Hal itu didasarkan pada hasil Evaluasi SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah tahun 2023, yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 13 Tahun 2024. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Rembang, Drs. Gantiarto saat ditemui di kantornya, Senin (15/1), mengatakan dalam surat keputusan itu menunjukkan komitmen Pemkab dalam upaya pengelolaan tata pemerintahan dan memberikan pelayanan publik yang baik. Pasalnya,  berdasarkan hasil evaluasi tersebut, Pemkab Rembang berhasil meraih predikat ‘Sangat Baik’. 

“Indeks SPBE kita  untuk tahun 2023 ini termasuk luar biasa, nilainya 3,64. Predikatnya sangat baik,” imbuhnya. 

Ia menjelaskan pencapaian Indeks Pembangunan SPBE pada 2023 itu berhasil melampaui target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sebab target dalam RPJMD itu sebesar 3,23. 

Sebelumnya, SPBE pada 2022 sebesar 3,19 dengan predikat baik. Artinya ada kenaikan signifikan selama 2023 yaitu, 0,45.Sedangkan indeks pembangunan SPBE 2021 sebesar 2,76.

Gantiarto mengungkapkan SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Hal ini seperti yang tertuang pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. 

“SPBE ini ditujukan  untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik  juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik,” bebernya.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Rembang ini menyebutkan indikator penilaian SPBE ini ada 4 meliputi kebijakan internal, tata kelola pemerintahan, manajemen dan layanan SPBE.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *