REMBANG – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Rembang, mempunyai kelebihan dibanding MPP di kabupaten / kota lainnya. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Kabupaten Rembang, Budiyono, kepada wartawan, di kantornya, hari Senin (26/12).

Budiyono mengatakan kelebihan yang dimiliki MPP kota garam itu karena letaknya berada di pusat kota utamanya di depan MPP ada Alun-alun Kota Rembang dan bersebelahan dengan Terminal Bus. Sehingga MPP bisa menjadi ikon baru dan pelayanannya bisa dijangkau oleh masyarakat.

“Di kabupaten lain, malah MPP justru di tempat-tempat yang jauh dari area-area yang dijangkau oleh masyarakat. Walaupun mereka punya argumen katanya dalam pemerataan dan pengembangan kawasan,” imbuhnya.

Budiyono mencontohkan MPP di Kabupaten Grobogan, letaknya berada di kampung berdekatan dengan sentra-sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Harapannya perkembangan UMKM bisa lebih berkembang.

Namun MPP di Grobogan menurut Budiyono secara komparasi anggaran bagaikan bumi dengan langit. Karena fisiknya menelan anggaran Rp. 20 Milyar dan jumlah instansi yang bergabung sebanyak 28 instansi.

Budiyono mengungkapkan setelah terjadi tukar pikiran pada saat launching MPP di Jakarta, pihaknya

“Okelah secara umum, secara anggaran kita kalah. Di konteks fungsi, mulai dari proses bisnis, sistem, kemudian jenis pelayanan, kita tidak kalahlah. Saya kira hanya 11-12. Setiap MPP punya unggulan masing-masing,” ujarnya.

Budiyono untuk bisa bersaing dengan MPP lain, DPMPTSP Kabupaten Rembang akan meluncurkan aplikasi yang mengintegrasikan semua gerai yang tergabung di MPP Rembang.

Harapannya masing-masing gerai tidak membuat aplikasi sendiri-sendiri, namun tersentral di 1 aplikasi. Sehingga semua gerai bisa dimonitor dalam 1 sistem saja. Supaya pimpinan bisa mendapatkan informasi real time tentang jumlah pelayanan perijinan yang telah diterbitkan dan jumlah perijinan yang diproses di masing-masing gerai dalam 1 genggaman saja.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…