Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, telah menetapkan Hari Minggu Legi tanggal 2 Oktober 2022, sebagai pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Rembang. Kegiatan pilkades kali ini diikuti sebanyak 42 desa di Kabupaten Rembang.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan sebagai tahapan paling awal yang dimulai pada tanggal 16 sampai 26 Juni 2022 yaitu sosialisasi sekaligus pembentukan panitia.

“Sehingga desa-desa perlu menyiapkan perangkat pendukung untuk pelaksanaannya. Membentuk panitia dan lain sebagainya,” Imbuhnya.

Bupati menyebutkan tahapan selanjutnya setelah terbentuk panitia yaitu penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada tanggal 27 Juni sampai 3 Juli, pengumuman DPS pada tanggal 11 sampai 13 Juli 2022.

Dilanjutkan pengumuman Daftar Pemilih Tambahan pada tanggal 17 sampai 19 Juli dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tanggal 19 Juli dan pengumuman DPT pada tanggal 20 sampai 22 Juli 2022.

Orang nomor 1 di Kabupaten Rembang itu menerangkan pencalonan kepala desa dimulai dengan pengumuman masa pendaftaran bakal calon kepala desa (Balon Kades) pada tanggal 23 sampai 31 Juli 2022.

“Apabila jumlah pendaftar Balon Kades kurang dari 2 orang, diadakan perpanjangan pendaftaran selama sepekan yaitu pada tanggal 1 sampai 7 Agustus 2022,” Bebernya.

Tahapan selanjutnya menurut Abdul Hafidz berupa penelitian kelengkapan dan keabsahan administrasi calon pada tanggal 8 sampai 27 Agustus, perbaikan kelengkapan berkas pada tanggal 28 Agustus sampai 3 September dan penelitian kelengkapan berkas pada tanggal 4 sampai 6 September 2022.

Pejabat asal Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan itu menjelaskan bagi kepala desa yang mencalonkan kembali diberi cuti antara tanggal 21 September sampai 2 Oktober 2022.

“Cuti tersebut diberikan ketika memasuki tahapan penetapan calon kepala desa beserta pengundian nomor urut, kampanye dan ketika hari pemungutan suara” Pungkasnya.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…