140 Pemilih Nyoblos di TPS Khusus Rutan Rembang

 

REMBANG – Sedikitnya 140 pemilih yang merupakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan pegawai di Rutan Kelas II B Rembang bakal mencoblos di TPS 7 Desa Pandean Kecamatan Rembang. TPS 7 yang berada di aula rutan tersebut merupakan TPS lokal khusus yang diperuntukan untuk WBP dan pegawai rutan.

Desain TPS Khusus ini sendiri dibuat sederhana dengan menempatkan 10 kursi untuk tempat duduk warga Rutan yang akan mencoblos dan sejumlah meja panjang untuk kotak suara dan bilik suara. TPS disini juga terbilang nyaman karena ada 2 unit AC dan sejumlah kipas angin.

Ketua KPPS TPS 7 Desa Pandean sekaligus pegawai di Rutan Kelas II B Rembang, Fatkhurrahman mengungkapkan TPS memang sengaja ditempatkan di dalam aula rutan dikarenakan pertimbangan cuaca hujan. Dirinya khawatir jika dibuat tenda di lapangan ketika turun hujan akan berpotensi merusak logistik pemilu.

“Ini kan masih dalam cuaca hujan, untuk melindungi surat suara khawatirnya nanti ada yang basah. Pengawas TPS kemarin juga sudah kesini, alhamdulillah sudah ok untuk lokasi di TPS 7 Desa Pandean,” kata dia.

Fatkhur menyebutkan di TPS khusus ini ada 140 orang yang akan menyalurkan hak suaranya dalam pemilu 14 Februari besok. Dengan rincian Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada 63 orang dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ada 77 orang.

“Disini kan tidak semuanya warga Rembang, ada yang dari WBP dari luar kota juga. Karena alasan menjalani hukuman pidana, maka yang dari luar kota masuk ke DPTb. Karena ada yang sudah bebas dan ada tahanan baru, maka hasil rakor kemarin ditetapkan hasilnya DPT ada 63 orang dan DPTb ada 77,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, WBP yang mencoblos di TPS nantinya dilakukan dengan sistem bergilir dan dibatasi maksimal 10 orang. Setelah melakukan coblosan, WBP dikembalikan ke ruangannya sehingga tidak ada antrian yang membludak di area TPS. (Dari Rembang Rendy Melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *